SIRSAK OBAT KANGKER PALING EFEKTIF

Posted by film anak SMA | Posted in | Posted on Minggu, Maret 13, 2011

Siapa yang tidak ke

nal sirsak? Buah yang juga lazim dikenal sebagai nangka belanda atau durian belanda ini mudah dijumpai. Pun tidak memiliki musim, sehingga selalu ada di pasar maupun supermarket.

Buah ini memiliki banyak penggemar. Rasanya asam-asam manis segar. Bisa dimakan begitu saja atau dibuat jus sirsak. Bahkan bisa diolah menjadi selai sirsak atau dodol sirsak.

Mengenal Sirsak

Pohon sirsak mudah tumbuh. Buah bernama latin Annona Muricata L ini bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini asli dari Amerika Selatan. Penjajah kolo

nial Belanda memperkenalkan buah ini ke Indonesia. Karena itulah dinamakan sirsak dari bahasa Belanda, zurzaak.

Tinggi pohon sirsak berkisar 3 – 8 meter saja. Bentuk daunnya lancip memanjang serta berkilap. Buah sirsak memiliki variasi bentuk, dari bentuk hingga lonjong memanjang. Kulitnya berwarna hijau dan akan kehitaman jika telah matang.

Pada permukaan kulit terdapat duri-du

ri tumpul. Daging buahnya berwarna putih hingga putih kekuningan. Teksturnya lembut. Sirsak memiliki biji berwarna hitam memanjang.

Perkembangbiakan sirsak dapat melalui biji ataupun melalui tempelan dan okulasi. Sirsak terkadang sengaja dibudidayakan sebagai komuditas perkebunan. Namun adapula yang menanam tumpangsari dengan jenis tanaman lain.

Kandungan Gizi Sirsak

Sirsak mengandung karbohidrat cukup tinggi berbentuk glukosa dan fruktosa. Kandungan vitamin didominasi vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2. Mineral utama pada sirsak adalah fosfor dan kalsium. Sirsak juga memiliki kandungan serat cukup tinggi.

Manfaat Jus Sirsak

Sejak dahulu, buah sirsak telah digunakan sebagai pengobatan oleh bangsa Indian Amerika. Mereka mempercayai setiap bagian pohon sirsak termasuk kulit kayu, akar, daun, daging buah, hingga bijinya ampuh digunakan sebagai obat. Menurut berbagai penelitian, sirsak bisa menjadi obat berbagai penyakit, antara lain:

• Kanker atau tumor
Sebuah penelitian menemukan bahwa ternyata sirsak memiliki efek anti tumor/ kanker yang sangat kuat. Hasil penelitian tersebut juga menyebutkan jenis kanker yang dapat diobati dengan bantuan sirsak.

Kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paruadalah beberapa contoh kanker tersebut. Kandungan bahan aktif sirsak memiliki daya kerja kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal tersebut telah dibuktikan dengan membandingkan dengan obat kanker yang ada.

Kandungan bahan aktifnya bekerja secara selektif. Dia hanya membasmi dan membunuh sel-sel kanker. Tidak mengganggu fungsi sel sehat.

Anti bakteri atau anti jamur
Selain sebagai anti tumor atau kanker, buah sirsak ternyata juga bersifat anti bakteri ataupun anti jamur. Juga efektif untuk pencegahan berbagai jenis parasit termasuk cacing.

• Meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus sirsak, menjadikan buah ini bersifat anti oksidan. Anti oksidan ini diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

• Mengatasi sembelit
Kandungan serat tinggi penting untuk memperlancar pencernaan. Karena itu dapat dipergunakan sebagai pengobatan sembelit.

• Mencegah osteoporosis
Kandungan mineral utamanya berupa fosfor dan kalsium penting untuk membantu pembentukan tulang. Itu sebabnya jus sirsak juga dapat mencegah osteoporosis.

Pelengkap Pengobatan

Sebagai tambahan untuk pengobatan penyakit kanker dapat dipadukan dengan pengobatan menggunakan daun sirsak.

Caranya ambil 10 lembar daun sirsak yang cukup tua. Rebus dengan tambahan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minumkan secara teratur pagi dan malam hari.

Khasiat ramuan ini disamakan dengan manfaat kemoterapi. Hanya saja keunggulan terapi daun sirsak akan membunuh sel kanker tanpa menghancurkan sel-sel yang sehat.


klik Sumber

Comments Posted (0)

Posting Komentar

silahkan koment setiap masuk blog tiggalkan coment